Rabu, 20 November 2019

pemeriksaan ban pada mobil

  • kesesuaian ban pada pelek
     
Pemakaian pelek yang tidak sempurna akan mengakibatkan : 
   1). Posisi kedudukan bead kurang sempurna (tidak melekat dengan baik).
   2). Ketika menikung, ban mungkin lepas dari pelek.
   3). Tidak dapat menjaga tekanan angin ban tubeless dengan sempurna. 
   4). Ban dalam mungkin koyak karena terjepit bead pada pelek yang lebih sempit. 
   5). Pada pelek yang lebih lebar, dinding samping ban terlalu keras. 
  Sumber : Buku elektrik memasang, melepas, dan menyetel roda. 

  • Pemeriksaan keausan ban mobil
   
Untuk dapat mengetahui apakah ban telah mengalami keausan yang berlebihan atau ban sudah melebihi batas keausan maka pada beberapa ban pada umumnya terdapat tanda indikator keausan atau Tread Wear Indicator (TWI).
 
  Minimal Tingginya 1,6 mm sampai 1,8 mm dari dasar tread. Apabila keausan tread mencapai indikator hal ini menunjukan batas keausan ban dan saatnya harus digant. 

    Tanda keausan (TWI) ini berbentuk tanda segitiga yang berada disekeliling ban dan terletak pada bagian tread yang jumlahnya kira-kira empat atau enam tanda. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
tread sendiri merupakan bagian dari ban yang langsung bersinggungan dengan permukaan jalan. Tread adalah permukaan lapisan karet luar yang melindungi bagian lapisan carcass ban terhadap keausan dan kerusakan akibat dari permukaan jalan.
    Pada permukaan tread pada ban selain tipe ban kering pada umumnya terdapat alur. Alur-alur pada ban ini digunakan sebagai jalan lewatnya air, ketika ada permukaan air yang tergenang di jalan.

Apabila ban mengalami keausan maka bagian permukaan yang bersinggungan dengan jalan yang akan cepat habis yaitu pada bagian tread.


1 komentar: